Sabtu, Desember 15, 2012

Analisis Produk Kopi Sereal



ANALISIS PRODUK KOPI SEREAL

Kopi adalah salah satu bahan baku yang digunakan untuk produk specialty coffee yang saat ini memiliki peluang pasar yang baik. Kopi merupakan hasil perkebunan yang dominan dikonsumsi sebagai minuman penyegar. Kopi kemudian terus berkembang hingga saat ini menjadi salah satu minuman paling populer di dunia yang dikonsumsi oleh berbagai kalangan masyarakat. Indonesia sendiri telah mampu memproduksi lebih dari 400 ribu ton kopi per tahunnya. Di samping rasa dan aromanya yang menarik, kopi juga dapat menurunkan risiko terkena penyakit kanker, diabetes, batu empedu, dan berbagai penyakit jantung kardiovaskuler (Syarief, 2003).
Seperti yang kita ketahui, penikmat kopi berasal dari berbagai kalangan. Mulai dari kalangan orang tua, dewasa hingga remaja. Terlebih lagi inovasi-inovasi yang banyak diciptakan dari kopi sebagai minuman, membuat para penikmat kopi semakin tertarik untuk mencobanya. Inovasi-inovasi tersebut antara lain jenis kopi cappuccino, espresso, kopi latte, kopi instant, kopi moka  dan masih banyak lagi. Selain itu, inovasi dari komoditas kopi yang kami ciptakan yaitu minuman kopi sereal.
Minuman kopi sereal ini selain menggunakan kopi instan, juga menggunakan sereal yang berasal dari bahan dasar oat/bubur gandum yang dibuat dari biji gandum yang diproses dengan tidak menghilangkan sumber seratnyat. Selain dengan mempertahankan kandungan serat, keuntungan lain dari oatmeal adalah sebagai sumber protein yang baik, karbohidrat kompleks, nutrisi dan zat besi yang tidak hanya membantu untuk mengurangi berat badan tetapi juga memerangi masalah kesehatan, terutama jenis penyakit kanker. Oatmeal juga merupakan sumber karbohidrat rendah glikemik yang mendorong kadar gula darah dalam tubuh tetap stabil. Mengandung fitonutrien yang disebut lignan, yang bermanfaat bagi kesehatan jantung.
Minuman yang ditambahkan dengan sereal memiliki rasa dan aroma yang nikmat dan menjadikannya sangat cocok sebagai pelengkap dan atau pengganti sarapan pagi serta pengganti cemilan yang menyehatkan. Minuman ini mengandung 200 kalori dan 5 gram protein. Dengan dipadupadankan dengan kopi, minuman kopi sereal dapat mengubah pandangan negatif sebagian orang terhadap kopi yang dianggap dapat mengganggu kesehatan, Minuman kopi sereal dapat menjadi pengganti sarapan pagi bagi pecinta kopi yang tidak sempat sarapan pagi. Tidak hanya itu, penyajian minuman kopi yang dicampur sereal menjadi lebih praktis serta mempersingkat waktu penyajian.
Keuntungan-keuntungan diatas dapat tersampaikan dengan jelas kepada konsumen apabila peluang-peluang yang ada dapat dimanfaatkan secara optimal.  Peluang yang bisa digunakan untuk meningkatkan pemasaran produk ini adalah berbagai media massa yang dapat digunakan sebagai media  iklan, adanya kebijakan pemerintah untuk mengembangkan UKM dengan mengadakan berbagai event untuk usaha kecil menengah, serta kondisi masyarakat yang semakin konsumtif, sehingga mempermudah untuk memasarkan produk ini.
Produk minuman kopi sereal sejauh ini belum diproduksi di kalangan masyarakat luas. Oleh karena itu, ancaman dari pihak luar seperti jumlah kompetitor yang terus meningkat, munculnya produk baru yang lebih unggul, kenaikan harga bahan baku karena jumlahnya semakin terbatas, serta beberapa ancaman lainnya sejauh ini belum terlalu dirasakan.

DAFTAR PUSTAKA:
Syarief, R. 2003. Sejarah Ditemukannya Kopi. [terhubung berkala]. www.scribd.com (15 Desember 2012)

0 komentar:

Posting Komentar