Minggu, November 11, 2012

Agroindustrial Visit 2012

Kamis, 8 November 2012

Hari ini aku mengikuti kunjungan industri ke PT Yakult dan ke pocari sweat. kunjungan industri ini merupakan proker Himlaogin setiap tahunnya. Karena hari kamis merupakan waktu yang cocok untuk kunjungan dan merupakan hari kuliah, jadi sebelumnya saya sebagai panitia AV mengurus perizinan untuk anak 48. Sempat terkendala dengan perizinan salah satu mata kuliah, tapi akhirnya bisa teratasi berkat celotehan gw sama rhama (ketua AV) ke UPT hahahaa
Panitia di jarkom jam 5.15 untuk kumpul di ATM center, kalo peserta kumpul jam 5.30. Tapi tetep aja waktunya ngaret. Akhirnya keberangkatan baru jam 6.30 . Sebelum masuk bus, kita foto-foto dulu :)


Perjalanan dari kampus alhamdulilah lancar. tepat pukul 9, rombongan kami sampai di pabrik PT. Yakult di sukabumi, Jawa Barat. Ini baru kali pertama saya mengunjungi yakult. pertama kali melihat, jujur saya kagum sekali dengan pemandangan yang benar-benar alami. rombongan kami masuk ke aula dan di pintu masuk, kami disambut dengan bagian propaganda PT yakult dan diberi minuman yakult gratis :) Kmeudian kami diberi penjelasan mengenai sejarah yaukult, pentingnya untuk minum yakult setiap hari. Yakult bearsal dari bakteri L. casei Shirota Strain dimana Shirota diambil dari nama Bapak Dr. Minoru Shirota, mahasiswa universitas Tokyo, pada tahun 1921 yang berusaha mengembangkan bakteri asam laktat. 



Setelah mendengar penjelasan dari bagian propaganda, kami di ajak berkelililing untuk melihat proses pembuatannya. waktu melihat saya kagum sekali. ternyata apa yang didapat dibangku kuliah, secara realnya dapat saya saksikan sendiri. mulai dari sterilisasi, fermentasi bahan sampai ke pengepakan menjadi produknya. wah tambah kagum deh dengan agroindustri . setelah melihat-lihat proses pembuatannya selama kurang lebih 20 menit, kami di ajak kembali lagi ke aula untuk mendengar penjelasan dari bapaknya terkait dengan kemasan yakult yg digunakan. kemasan yakult terbuat dari alumninum foil. yakult dibuat menggunakan mesin dengan kapasitas 240.0000 Liter yang menghasilkan 790ribu bakteri L.casei Shirota strain. Hasil fermentasi dimasukkan ke dalam mesin homogenizer dan pengontrolan dilakukan seketat mungkin. Jam 11 tepat, rombongan kami selesai dari yakult. terus dilanjutin foto-foto. beginilah gaya teman-teman saya :) 

Setelah dari yakult, saya dan teman-teman yg lain, melanjutkan perjalanan ke pabrik pocari sweat sekitar 20 menitan dari yakult. karena diperbolehkan dari pihak pocari masuk jam 1, jadi kami menunggu sampai jam 1 di depan masjid sambil menunggu sholat zuhur. jam 12 siang kita ishoma, terus jam 12.45 kita menuju pabrik pocari. Pertama kali juga saya mengunjungi pabrik pocari, dan merasa bangga sekali minuman yang pernah saya minum, sekarang pabriknya bisa saya lihat langsung. seklaigus menambah pengetahuan tentang agroindustri. pertama kali masuk, kami naik ke lantai 2 kemudian kita disambut sama tempat ngambil minuman pocari sweat gratis, terus kita dikasih kon sama bapaknya untuk ngambil pocari nya.





yang diatas itu poto box nya pocari sweat. kereen banget :) Setelah itu, kami masuk ke aula untuk mendengar penjelasan terkait dengan sejarah pocari sweat. pertama kali, kami disuguhi dengan pemutaran film sejarah pocari sweat. jujur saya tertarik sekali waktu nonton filmya. temen disebelah saya ngantuk, tapi saya tidak ngantuk. entah kenapa semangat sekali menonton filmnya. setelah itu dilanjutkan dengan penjelasan dari pak agus, dimana beliau telah bekerja selama 13 tahun di pocari sweat. 
Setelah mendengar penjelasan dari bapaknya, beberapa diantara kami disuru maju ke depan. ternyata diminta untuk mengikuti gaya JKT 48 untuk iklan pocari. terus dikasih hadiah botol minum gede bangett. lalu, kami diajak keliling2 untuk melihat proses dari hulu sampai pengemasannya.. terus dilanjutin foto-foto lagi deh. jadi semakin cinta sama agroindustri^^








0 komentar:

Posting Komentar